DATA FLOW DIAGRAM

DATA FLOW DIAGRAM
TUGAS 3 ANALISIS PERANCANGAN SISTEM
Dosen : Dr.Drs.Eri Zuliarso,M.KOM
Anggota :
Luqmana Chakim (15.05.52.0010)
Fajar Gunawan (15.05.52.0025)
FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS
UNIVERSITAS STIKUBANK

Data Flow Diagram Sistem Order Restoran

1.      Pengertian Data Flow Diagram (DFD)
Data Flow Diagram (DFD) adalah suatu diagram yang menggunakan notas-notasi untuk menggambarkan arus dari data sistem, yang penggunaannya sangat membantu untuk memahami sistem sistem secara logika, terstruktur dan jelas.
2.      Tujuan DFD
a.       Memberikan indikasi mengenai bagaimana data ditransformasi pada saat data bergerak melalui sistem.
b.      Menggambarkan fungsi-fungsi atau sub fungsi yang mentransformasi aliran data.
3.      Fungsi  DFD
a.       Sebagai alat untuk menggambarkan sistem sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama yang lain dengan alur data, baik secara manual maupun komputerisasi
b.      Digunakan sebagai alat pembuatan model yang memberikan penekanan hanya pada fungsi sistem
c.       DFD merupakan alat perancang sistem yang berorientasi pada alur data

1.      DFD level 0
Sistem informasi di restoran terhubung dengan bagian dapur, owner, pelanggan, waiters, dan kasir.



2.      DFD level 1
Waiters menyerahkan tablet yang berisi daftar menu yang tersedia kepada pelanggan, lalu pelanggan memilih menu yang akan dipesan, dan waiters bertugas menginput pesanan kedalam sistem order food. Sistem order food secara otomatis menampilkan data pesanan oleh pelanggan ke bagian dapur, kasir. Bagian dapur akan memproses pesanan tersebut dan melakukan ceklist pesanan yang sudah selesai diproses ke sistem proses dapur. Sistem proses dapur lalu mengirimkan informasi ke bagian kasir dengan lewat sistem pembayaran.bagian kasir lalu akan melakukan cek terhadap data transaksi sebelum mencetak bill.



3.      DFD level 2 bagian sistem order makanan
Perangkat berupa tablet meneginformasikan data makanan yang tersedia ke pelanggan, lalu pelanggan melakukan order dan waiters melakukan konfirmasi kepada pelanggan, apakah sudah sesuai dengan yang telah dipesan oleh pelanggan. Jika sudah sesuai, maka waiters akan menginput pesanan tersebut.



DFD level 2 bagian sistem proses dapur
Pelanggan memesan dan waiters mengiput data makanan ke bagian dapur dan kasir (berupa data transaksi). Lalu bagian dapur menmpilkan daftar masakan yang telah diproses, selanjutnya masakan disajikan oleh waiters kepada pelanggan.



DFD level 2 bagian 3 sistem pembayaran
Kasir melakukan pengecekan data transaksi pesanan yang telah diproses, selanjutnya kasir melakukan proses transaksi berupa bill yang diserahkan kepada pelanggan, lalu bagian kasir membuat laporan transaksi yang dapat dicek secara berkala oleh owner.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data Flow Diagram Sistem di Restoran

Entity Relationship Diagram Sistem di Restoran